Ketika anda menngunakan komputer pribadi dan terkoneksi ke jaringan internet tanpa proxy dan mejelajaih apapun yang tersedia di internet makan jejak identitas IP atau alamat IP secara otmatis akan terlihat oleh website yang di minta. Bahkan terkadang, jika tidak waspada dan hati-hati, tidak menutup kemungkinan dapat di salah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. seperti menyebarkan virus malware mengambil data-data penting anda bahkan bisa mengambil data-data secara pribadi seperti pass email kata sandi bank dan banyak lainya.

Daripada itu untuk mencegah dan mewaspadai alamat IP pengguna terlihat jelas, kita dapat menngunakan proxy yang menjembatani komputer pribadi dengan jaringan internet yang secara langsung terkoneksi.
berikut ini akan di jelaskan secara lebih terperinci mengenai pengertian proxy serta fungsi proxy dan jenis-jenisnya serta cara kerjanya.

Pengertian Proxy

berikut adalah bagan sederhana mejukan posisi kita sebagai penikmat internet dan posisi proxy

Secara sederhana, proxy merupakan sebuah server komputer yang berfungsi meneruskan permintaan pengguna ke server lain di internet.

Proxy merupakan sebuah server komputer yang bertugas meneruskan perintah pengguna ke server lainya di internet.
Sederhanya proxy server ini adalah yang menjembatani antara komputer pribadi dengan
jaringan internet dan berikut beberapa fungsi dari proxy.

  1. berfungsi menyembunyikan alamat IP komputer klien/pengguna,sehingga apapun yang telah kita jejaki di internet akan menghilankan jejak di website yang pernah kita kunjungi google akan melihat yang berkunjung hanya proxynya saja sehingga google akan membaca proxy saja dan klie tidak bisa di temukan bahkan alamAT IP nya.
  2. Akses di internet tentunya lebih lancar. semua perintah dari klien tidak langsung terhubung dengan internet karena da poxy yang mengamankan permintaan itu sehingga permintaan dari klien akan tertampung dulu di proxy server. Dan Selanjutnya proxy baru akan mengecek dimana website yang di kunjungi oleh klien itu mempunyai caching yang tersimpan atau belum. Jika ada, selanjutnya klien akan mendapatkan feedback dari data caching tersebut, dah akhirnya klien akan lebih lancar untuk mengakses internet.
  3. Dapat memblokir situ yang tidak di kehendaki.Contohnya untuk sebuah jaringan yang di pergunakan di sebuah kantor, supaya pekerja di kantor tersebut tidak memanfaatkan ppasilitas kantor di gunakan hal-hal yang tidak semestinya seperti bermain game olnline, menonton, bahkan menggunakan media sosial, maka beberpa situ tersebut bisa di masukan dalam daftar proxy sebagai daptar blacklist sehingga website yang di balklist tersebut tidak dapat di jangkau oleh internet.