Jaringan dalam sebuah komputer bisanya terdiri dari satu buah komponen yaitu komputer itu sendiri  dan biasanya terdapat konsep server dank lien.

Kedua pihak ini sangat erat hubungya dengan terkonikasinya sebuah jaringan komputer. Bisa dikatakan bahwa server merupakan media peneydia data yang bentuknya berakena ragam, mulai dari data tulisan, berita, poto, music, video dan lain sebagainya, maka serverlah yang meyediakan dan menampung data-data tersebut.

Server itu sendiri dibagi dalam beberapa jenis tergantung fungsi serta penggunya. Untuk lebih jelasnya mengenai jenis-jenis server dan fungsi bagi para klien maka pahamilah artikel ini dengan seksama.

Server adalah  media atau tempat dimana di dalamnya menimpan berbagai data dan informasi , server itu sendiri memiliki tugas sebagai pelayan atau servis bagi para kalinya. Ada beberapa jenis server yang ada di dunia ini salah satunya adalah server web, dimana server ini berfungsi menimpan data dan informasi bagi sebuah website, selain sebagai tempat menyimpan data-dan informasi server itu sendiri dapat meghidupkan website tersebut FTP server berfungsi menangani berbagai jenis perpindahan file (transfer file), mail server merupakan pelayanan yang  melayani secara khusus urusan email para klien, sedangkan database server berfungsi untuk menyimpan berbagai jenis data maupun file serta lain sebgainya.

Dalam sebuah komputer dapat berperan sebagai server, klien bahkan bisa kedunya.

Contoh kecil misalnya anda mengoprasikan sebuah computer 1 untuk megakses komputer 2 maka dengan itu Anda berperan sebagai klien.

Dan sebaliknya jika pengguna menggunakan komputer 2 mengakses komputer 1  maka posisi Anda bertindak sebagai server.

Nah  konsep ini lebih dikenal luas dengan sebutan konsep peer to peer.

Jenis-Jenis Server

ada berbagai jenis server yang perlu kita ketahui, berikut ini akan di jelaskan satu persatu server sekaligus fungsinya

  1. Proxy server : merupakan server yang membatasi permintaan data, kinerja koneksi, serta berbagi file yang terdapat di  server dan client di luar jaringan, proxy server  juga mamapu berfungsi  sebagai gerbang antara jaringan lokal dan jaringan luar (internet)
  2. Telnet server : berfungsi mengontrol  komputer dengan cara melakukan  log in serta log out di komputer host.
  3. Virtual server : berfungsi mampu membuat sejumlah server secara fisik seperti menjadi berbagai server.
  4. Web server : utamnaya bertugas menyimpan konten atau informasi lainya di website serta  berkomunikasi menggunakan HTTP.
  5. Audio dan video server : berfungsi menyimpan berbagai  fitur multimedia pada website.