See the source image

Salah satu komponen penting untuk meghubungkan computer ke jaringan social atau ke hubungan internet menggunakan modem.

Modem itu sendiri sebetulnya bersala dari kata kerjanya yaitu memiliki proses dan cara kerjanya, modem itu sendiri memili berbagai jenis , nah dalam artikel ini kita akan bahas mulai dari penegrtianya dan juga jenis-jenis modem itu sendiri.

Pengertian Modem

Modem sendiri adalah salah satu akronim dari Modulator Demodulator. Maksudnya, perangkat yang ini berfungsi sebagai modulator dan juga demodulator. Modulator itu sendiri merupakan  pengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa untuk dikirimkan.

Sedangkan  demodulator itu sendiri adalah  pemisah sinyal dan  informasi serta  sinyal pembawa, dengan demikian pesan dapat di terima dengan benar dan jelas. Modem itu sendiri terdiri dari dua jenis pertama modem internal dan modem external.

  1. Modem Internal

Modem internal merupakan salah satu modem yang di setting di dalam sebuah computer itu sendiri khusunya di CPU.

Jika diperhatikan, bentuknya berupa sebuah card yang dipasang dalam salah satu slot ekspansi mainboard,

Bentuk yang jenis ini berupa kartu yang terdapat pada hp, ada kelebihan dan kelemahaan menggunakn modem jenis ini, salah satu keuntungya yaitu, dengan menggunakan modem jenis ini dalam segi harga tersa hemat, tidak begitu membutuhkan adaptor, dan yang paling penting lebih praktis.

Meski begitu, jika anda menggunakan modem jenis ini mempunyai kelemahan alah satunya, Anda tidak dapat menganalisis indikator yang menunjukkan status modem itu sendiri perlu ada alat tertentu untuk memnataunya. Dan salah satu kelemahnya juga modem jenis ini sangat tidak bersahbat dengan CPU dengan adanya komponen modem di dalam CPU akan menyebabkan kerja CPU akan lebih berat lagi dalam mendeteksi hal-hal lainya.

2. Modem external

Modem external adalah  jenis modem yang di pasang di luar CPU. Cara penggunanya untuk modem yang satu ini cukup di potr di USB dan .COM salah satu keunggulan modem ini adalah sifatnya yg fleksibel artinya bisa di bawa kemana-mana, namun meski sifatnya yang praktis namun tetep aja ada kekuranya, salah satu dianatar kekuranya yaitu harganya yang cukup mahal.