1. Motherboard
komponen komputer perangkat keras motherboarad

Motherboard merupakan salah satu  papan sirkuit  fungsinya  sebagai salah satu tempat komponen-komponen komputer  diantaranya, harddisk,   processor, RAM dan maasih banyak kompenen lainya yang belum kami sebutkan. Dalam istilah kita orang Indonesia motherboard di artikan sebagai papan induk bisa di bilang juga sebagai ibunya komponen computer atau sering di singkat sebagai mabo. Fungsi dari motherboard ini sangatalah penting bagi berjalanya sisitem computer.

Motherboard atau sering kita sebut sebgai induk board terdiri dari berbagai kompone-komponen penting, dianataranya slot prosesor  konektor power, socket memori north dan bridge controller. Motherboard sendiri memmpunyai bentuk seperti papan sirkuit elektronik fungsinya sebagai tempat lalu-lintas data. Dengan adanya alat ini atau motherboard hubungan perngakat keras dalam computer bisa saling tekoneksi satu sama lain sehingga computer dapat di gunakan bagaimana semestinya.

2. Processor

Processor salah satu perangkat keras dalam sebuah komponen computer yang berfungsu untuk mengontrol semua jalanya sisitem dalam sebuah computer. Processor atau CPU (Central Processing Unit) bisa dikatang sebgai salah satu komponen terpenting dalam kopmuter bisa di katakana CPU merupakan otaknya dalam sebuah komponen komputer, tentunya tugasnya merupakan sebagai alat untuk merintah dalam oprasi computer tersebut sehingga komuter yang bisa kendalikan sesuai dengan apa yang kita oprasika.

Pada awalnya , Processor berguna dalam proses inputan data mejadi keluaran atau output.Letak atau posisi dari Processor sendiri berada pada bagian motherboard, processor sendiri mempunyai bagian-bagian terpenting temapatnya mempunyai 3 bagian terpenting diantaranya,

, yaitu Arithmatics Logical Unit (ALU) fungsinya untuk melaukan semunya perhitungan aritmatika sesuai instruksi program, Control Unit (pengatur input dan output data), serta Memory Unit (alat penyimpan data).

3. Hard disk

Hard disk atau hard disk drive (HDD) adalahh salah satu bagian  perangkat keras komputer fungsi utamnaya adalah penyimpana sekunder dalam sebuah komponen komputer. Dalam sebuah hard disk terdapa beberapa piringan yang berfungsi untuk menyimpan data-data program komputer.

Ada pebedaan khusus antara hard disk dengan RAM meskipun fungsinya sama untuk menyimpan data-data, letak perbedaanya di kekuatan penyimapan, hard disk menyimpan data-data secara permanen dengan fitur yang cukup kuat, dan bisa di bongkar pasang untuk memindahkan data-data yang bersekal besar.

Ada tiga jenis hard disk yang ada di pasaran diantaranya  IDE (Integrated Drive Electronics), ATA (Advanced Technology Attachment), dan SATA (Serial Advanced Technology Attachment).

Ketigganya mempunyai kelemahan dan kelebihan  masing-masing, perbedaannya khususnya pada kecepatan putaran piringan yang sangat  berpengaruh terhadap kecepatan pengambilan data dalam komputer. Perlu di ingat dalam proses pemasangan  motherboard. Contohnya , jika yang kita miliki  merupakan harddisk jenis SATA, maka perlu dipasang pada motherboard yang memiliki port SATA juga.